Sabtu, 10 Oktober 2009

Cara Kerja Web



Kata internet sudah sangat tidak asing lagi saat ini. Pada umumnya semua orang menggunakan atau memerlukan internet untuk berbagai keperluan yang bisa dilakukan oleh internet. Misalnya kita ingin mencari informasi di internet dengan membuka salah satu web. Tetapi apakah Anda tahu cara kerja web itu sendiri?

Sebenarnya cara kerja web itu sangat simple, karena berhubungan dengan client dan server. Client disini dapat berupa computer desktop dengan minimal memiliki browser dan terhubung ke web server melalui jaringan yaitu tcp/ip (intranet atau internet). Komputer yang berfungsi sebagai server, di dalamnya terdapat perangkat lunak web server.

Agar computer ini dapat diakses oleh client maka computer harus terhubung ke jaringan (intranet atau internet). Dalam database server, terdapat file-file web misalnya saja bernama www.google.com. www.bl.ac.id atau memiliki kode computer (disebut IP Address) seperti 202.10.20.10 dan 200.100.50.25.

Pertama-tama, client (user) akan meminta suatu halaman ke (web) server untuk ditampilkan di computer client. Misalnya client mengetikan suatu alamat (biasa disebut URL) di browser http://www.google.com. Client menekan tombol enter atau klik tombol Go pada browser. Lalu apa yang terjadi? Melalui media jaringan (bisa internet, bisa intranet) dan melalui protocol http,akan dicarilah komputer bernama www.google.com. Jika ditemukan, maka seolah-olah terjadi permintaan, “pak google, ada client yang minta halaman utama nih, ada dimana halamannya?”. Inilah yang disebut request.

Sekarang dari sisi server (web server). Mendapat permintaan halaman utama google dari client, si server akan mencari-cari di komputernya halaman sesuai permintaan. Namanya juga mencari, kadang ketemu, kadang juga tidak ketemu. Jika ditemukan, maka halaman yang diminta akan dikirimkan ke client (si peminta), namun jika tidak ditemukan, maka server akan memberi pesan “404. page Not Found”, yang artinya halaman tidak ditemukan.

0 Comments:

Post a Comment